Pepes ikan mas/nila duri lunak

Suatu ketika saya dan suami membeli masakan sunda yang terletak di sebelah gerbang perumahan Yasmin bogor yang waktu itu ramai pembeli yang hendak berbuka puasa. Soal rasa, mmm... enak sih, tapi ukurannya terlalu mini buat kami. he he.. Akhirnya, keesokan hari kita buat sendiri dengan resep coba-coba ala kami. Dan, alhamdulillah rasa yang didapat setelah pepesnya jadi tidak mengecewakan. Bener deh:)
Sekarang saatnya kita meluncur kedapur untuk membuat pepes ikan mas duri lunak yang praktis (ss..t, praktis karena bumbunya tidak saya uleg).
Bahan yang dibutuhkan:
Ikan mas atau nila 1 kg minimal isi 4 ekor.
Daun pisang untuk membungkus secukupnya.
Bumbu yang dipersiapkan :

* Dihaluskan
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah dan cabai rawiit (sesuai selera)
  • 3 cm jahe
  • 3 cm lengkuas
  • 3 cm kunyit
  • 2 lembar daun salam
* Dicampur dengan bumbu yang dihaluskan
  • Daun kemangi sesuai selera.
  • 1 butir telur
  • ¼ parutan kelapa
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
  • 2 sdm minyak goreng
Cara membuat :
  1. Bersihkan ikan yang akan dibuat pepes, tiriskan.
  2. Siapkan bumbu, haluskan semua bumbu dengan di ulek atau di blender (saya pakai cooper)
  3. lumuri ikan dengan campuran daun kemangi,parutan kelapa, kocokan telur dan minyak goreng kemudian bungkus dengan daun pisang.
  4. Masukan ke dalam panci presto, yang terlebih dulu dipasang saringan santan/panci kecil bawaan dari presscooc biar pepes tidak terendam air. kukus selama 20 menit dengan api kecil (kalau saya, saya tunggu sampai bau kemangi dan kunyit keluar baru saya matikan kompor)
  5. panaskan pan anti lengket yang diolesi magarin/ minyak goreng kemudan taruh pepes ikan diatasnya sampai terlihat kadar air dalam bungkusan daun pisang berkurang.
Dan, teng-teng....
pepes ikan mas/nila duri lunak siap disantap bersama nasi putih yang masih anget.
Hemmms, yummi pokoe:-)

0 comments:

Post a Comment