Membandingkan (kelebihan dan kekurangan ) wadah dari Tuppperware, Lock&lock dan twin Tulipware

Hai moms, saya yakin kalian sudah tidak asing lagi dengan produk dari tuppperware, lock&lock maupun twin Tulipware. Produk tersebut sering bertengger dan tersusun rapi di rak-rak piring para mommy sekalian. Seperti yang terjadi di dapur saya, hampir separuh lebih dari peralatan dapur yang terbuat dari bahan plastik dikuasai oleh mereka.

Pada awalnya saya mengoleksi produk yang dulu bintang iklannya dayang han. Yap, produk merk lock&lock jawabannya.  Kemudian setelah agak bosan selanjutnya saya mulai melirik tupperware dan twin Tulipware, setelah sembuh dari rasa trauma karena tupperware tetangga saya dulu hanya dijadikan wadah untuk sabun pencuci piring. Bingung mau beli yang mana dulu?
Ok, pengalaman bersama mereka selama 5 tahun saya kira sudah patut jika saya menilai kinerja mereka( tuppperware, lock&lock dan twin Tulipware), tapi sebelumnya, saya bisikin dulu ya moms. Jangan ada yang protes kalau anda tidak puasa dengan hasil penilan saya. I know that everywoman to her own interest. Betul?

Kita mulai dengan produk lock&lock:
Selama menggunakan wadah lock&lock, sesuai namanya tentu saja lock&lock saya cukup kencang dan kokoh. Selain itu lock&lock juga kedap udara maupun air yang menjadikan makanan awet. lock&lock dilengkapi dengan sisitem penguncian di setiap sisi, saat terbuka salah satu atau lupa menguncinya akan membuat makanan dalam wadah tidak langsung bocor atau tumpah.

Saya pernah sekali mengalami kebocoran ketika menggunakan lock&lock yang saya isi makanan. Setelah saya perhatikan, ternyata kesalahan memang ada pada saya, waktu itu saya mencopot karet yang ada didalam tutup lock&lock ketika dicuci dan saya memasangnya tidak tepat. Setelah saya benarkan posisi karet lock&locknya, alhamdulillah tidak bocor kembali. Kekurangan yang ada di produk lock&lock menurut saya tidak terlalu fatal. Dulu ketika saya mengalami kebosanan karena bentuk dan warna yang begitu-begitu saja, sekarang sudah tersedia beberapa pilihan warna untuk produk lock&lock yang dijual dengan tasnya. Oya, kalau moms mau membeli lock&lock sebaiknya perhatikan dulu made-in mana. Karena apa? Sepanjang pengamatan saya, lock&lock yang buatan vietnam lebih tipis plastiknya dari pada made-in china. Kemarin saya beli lock&lock yang untuk wadah penyimpanan di frezer, plastiknya tipis dan tidak kedap air.


Well, kita tinggalkan lock&lock dan beralih ke tuppperware.  Walaupun lock&lock adalah my first collect tapi ternyata sebagian besar isi dapur diisi oleh tuppperware. Maklum, diantara lock&lock dan twin Tulipware, tupperware lah yang paling rajin menawarkan diskon dan promo. Apalagi jika moms yang tinggal di sekitat bogor dan cibinong pasti sudah sering melihat pedagang yang meng-obral tupperware di bazar setiap ahad pagi. Beda dengan lock&lock yang pilihan warnanya terbatas, maka tuppperware lebih banyak pilihan warnanya. Untuk fungsi, penilaian hampir sama dengan lock&lock. Tuppperware juga  kedap udara maupun air yang menjadikan makanan awet untuk type tertentu. Berdasarkan pengalaman, tidak semua produk tuppperware kedap udara alias bocor kalau diisi air. Jadi, jika hendak membeli tuppperware lebih baik cari tahu dulu apakah kedap udara/tidak. Sama seperti twin Tulipware, jika kita menyimpan makanan yang beraroma kadang ketika selesai dicuci masih tercium aroma makanan tersebut.

Produk yang terahir namanya terdengar agak mirip tuppperware yaitu twin Tulipware. Wadah yang terkenal deengan ikon gambar bunga tulip ini memang memiliki warna tidak sebanyak tuppperware tapi beberapa pilihan warnyanya sangat menarik. Warna dari wadah twin Tulipware tidak mudah berubah walau sering dipakai untuk menyimpan makanan panas atau dicuci. Oya, ketebalan dari plastik  twin Tulipware ini paling tebal dibanding dengan lock&lock dan tupper ware.  Saya lupa berapa harganya ketika saya membeli  twin Tulipware, tapi sepengatahuan saya memang  twin Tulipware sedikit diatas lock&lock dan tupperware( wajarlah, made-in indonesia asli yang plastiknya paling tebal gitu lho).

Untuk fungsi, produk  twin Tulipware juga kedap udara dan kedap air. Khususnya yang berbentuk bundar( kata penjualnya dulu). Tetapi saya juga sering manggunakan yang bentuk kotak dan alhamdulillah belum pernah bocor. Kekurangn dari  twin Tulipware, karena tutupnya terbuat dati plastik yang elastis kadang mengembung kalau menyimpan makanan/minuman yang masih agak anget.
So, yang manakah pilihan anda? Kalau saya, semuanya he he...


0 comments:

Post a Comment