Asam manis pedas menggoda dari resep oseng cumi

Sebenarnya saya bingung mau ngasih judul apa, lha semua rasa ada di masakan oseng yang satu ini. resep istimewa ini saya dapat dari mpo mung( khadimah saya waktu tinggal di bintaro).

Berikut ini saya bagi resep rahasia yang layak dicoba untuk menggugah selera, sebagai masakan alternatif berbahan ikan/seafood penganti lauk berbahan daging ayam yang kebanyakan orang merasa bosan. Pengalaman saya setiap memasak oseng cumi yang satu ini, rasanya tidak sabar untuk segera menyantapnya walau tanpa lauk sekalipun. Tetep, Mantap.

Bahan-bahan :

  • ¼ ons cumi kering atau 10 ekor cumi basah ukuran sedang, bersihkan kemudian potong bulat.
  • 1 tongkol jagung manis, sisir kasar.
  • 5 buah tomat hijau, masing masing belah 4.
  • 2 buah tomat merah, masing-masing belah 6.
  • 4 buah cabai hijau besar, potong serong.
  • 1 tangkai petai, kupas dan belah 2.(walau kami tidak hobi petai, tapi kalau tidak ditambahkan kedalam osengan menjadikan rasanya berbeda lho. So, saya tetap menambahkan ranjau yang satu ini baru kemudian saat memakannya disingkirkan)
  • 1 sashet saos tiram
  • 1 genggam asam jawa/ rendam dan ambil airnya.
Bumbu yang ditumis:
½ siung bawang bombat.
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
6 buah cabai merah dan cabai rawit (sesuai selera)
3 cm jahe, kemudian digeprek .
3 cm lengkuas, kemudian geprek
2 lembar daun salam
2 sdt garam
2 sdt gula pasir
2 sdm minyak goreng

Cara membuat :
  1. Siapkan bumbu, iris tipis bawang bombay, bawang merah dan bawang putih, dan cabai rawit.
  2. Panaskan minyak goreng kemudian tumis semua bumbu sampai harum.
  3. Masukan cumi, jagung manis, tomat hijau, cabai hijau besar, petai, masak sampai setengah matang.
  4. Tambahkan saos tiram dan air asam, tunggu sampai matang.
Oseng cumi yang nano-nano rasanya siap disantap.

0 comments:

Post a Comment