membuat sarung bantal Jahit perca/patchwork

Karena saya seorang yang gampang bosen, dan kadang menyerah ketika menemukan kesulitan saat mengerjakan hobi menjahit maka saya putuskan untuk membuat sesuatu yang simple dan bahan yang murah untuk project kali ini. Yup, mari kita membuat sarung bantal mini. Karena ingin memberikan sesuatu yang ada sentuhan kasih sayangnya buat anak kami kelak.
bahan yang saya pakai adalah 2 buah daster lama yang sudah kendor karetnya dan bantal kapuk yang sudah tidak terpakai, untuk bahan sih menurutku yang fleksible saja alias apa  yang ada dirumah bisa dipakai. Kalau anda punya kain katun motif maka itu lebih bagus.

Dan, yuk meluncur ke TKP;
Persiapan:

Menyiapkan bahan dan alat.

Bahan yang digunakan adalah kain katun/bisa diganti sesuai kepunyaan, dan benang jahit. Sedangkan alat yang digunakan adalah mesin jahit, gunting, meteran, jarum mesin, jarum pentul, penggaris, pensil, seterika, dan cukit
Menyiapkan gambar kerja.
Buat pola dari kertas ukuran lebar kain perca yang akan di jahit, tempelkan pada kain perca dan gunting lebihkan tiap sisi 1 cm untuk jahitan. Misal ingin membuat kain perca bentuk persegi ukuran 4x4 cm maka ketika memotong kain selebar 5x5cm.
Gabungkan tiap bagian bagian dengan cara
bagian baik saling berhadapan, jahit pada tiap sisi-sisinya.
Gabung potongan-potongan kain tersebut dengan cara dijahit dan
diseterika hingga menjadi lembaran yang utuh sesuai dengan rencana.

Penggabungan teknik ini dimulai dari tengah ke tepi hingga selesai secara keseluruhan.
beri hiasan tiap sisi kain perca yang digabungkan dengan tusukan jelujur atau menggunakan jahitan zig-zag agar bagus dan kuat.
Obras pada keempat sisi dan guntinglah sisa -sisa benang
Balik dan rapikan sarung bantal dengan cara menyeterika kemudian bisa dipassang retsleting atau diberi kancing.
pasang kancing di sisi belakang




Bantal siap ditiduri jagoan kecil anda.
Selamat mencoba

0 comments:

Post a Comment